Berita

Menteri PUPR RI: Tol Cisumdawu Secara Keseluruhan Rampung Desember 2021

Jumat, 18 Juni 2021 - 22:02
Menteri PUPR RI: Tol Cisumdawu Secara Keseluruhan Rampung Desember 2021 Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Tol Cisumdawu) Seksi 6 di kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat Sore (18/6/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES CIANJUR, SUMEDANG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Tol Cisumdawu) di Provinsi Jawa Barat. Tol sepanjang 60,10 km ini untuk mendukung fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Saat ini kita berada direncana jalan Tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung dan Kertajati terdiri dari 6  seksi. Ini di Desa Ujung Jaya yang  nanti ada Interchange. Untuk seksi 1, 2, dan 3 kita anggap sudah bisa selesai. Sekarang kita upayakan untuk menyelesaikan seksi 4, 5 dan 6. Semua pekerjaan ini kita targetkan akan selesai pada Desember 2021," kata Menteri Basuki saat meninjau pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 6, Jumat Sore (18/6/2021).

Basuki Hadimuljono 2Ilustrasi proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Tol Cisumdawu) Seksi 6 di kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Menteri Basuki meminta seluruh pihak  terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembangunanannya, "Ini saya minta dikeroyok, tadinya hanya tiga kontraktor ditambah lagi 2 yaitu ada Girder, Waskita, Wijaya Karya, PP,  Adhikarya, dan Brantas," ujarnya.

Berdasarkan data untuk Seksi 1 Cileunyi - Rancakalong sepanjang 11,45 km konstruksinya mencapai 77,42% dengan progres lahan 98,6%. Selanjutnya Seksi 2 yakni Rancakalong - Sumedang sepanjang 17,05 km progres konstruksi telah mencapai 91,99% dengan pembebasan lahan sebesar 96,11%.

Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km  konstruksinya telah rampung 100% dan siap operasi menunggu penyelesaian konstruksi seksi 1 dan 2.

Kemudian untuk pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km dan Seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km, saat ini telah dimulai mobilisasi alat dan pekerjaan site clearing dengan progres lahan masing-masing 48,13% dan 42,87%. Selanjutnya Seksi 6 Ujungjaya - Dawuan sepanjang 6,06 km telah dimulai konstruksi pada Seksi 6A dengan progres 36,83% dan Seksi 6B sebesar 11,84%.  

Basuki Hadimuljono 3

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2  dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp8,41 triliun.

Dengan beroperasinya seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu dan nantinya terhubung dengan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati akan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam. Dengan konektivitas yang semakin meningkat maka operasional bandara akan semakin meningkat dan kompetitif, sehingga diharapkan bisa menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Kehadiran Tol Cisumdawu yang ditinjau Menteri PUPR RI kali ini sekaligus mendukung pengembangan kawasan “Segitiga Emas” Cirebon-Subang-Majalengka (Rebana) sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan baru, serta menjadi salah satu tol dengan pemandangan yang indah seperti Tol Bawen-Salatiga karena menyuguhkan panorama pegunungan di Bumi Priangan. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Cianjur just now

Welcome to TIMES Cianjur

TIMES Cianjur is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.